Widget HTML #1

Buku Pedoman Umum Jurnal Guru Dikmen dan Diksus

Pedoman Umum Jurnal Guru Dikmen Diksus


Tukang Ketik -  Direktorat Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan telah menyusun pedoman umum terkait pengelolaan Jurnal Guru Dikmen dan Diksus yang memuat struktur, mekanisme, serta kebijakan pengelolaan jurnal.

Jurnal ilmiah berbasis elektronik memungkinkan semua tahap pengelolaan, yaitu pengiriman, penyuntingan, penelaahan, dan penerbitan naskah karya ilmiah dilaksanakan secara elektronik (e-journal). 

Sistem ini memungkinkan pengindeksan dan sitasi dapat diperoleh dengan cepat, sehingga manfaat suatu karya ilmiah dapat dirasakan segera. 

Hal ini sesuai dengan tuntutan akreditasi jurnal nasional yang mewajibkan jurnal-jurnal ilmiah terbit secara elektronik. 

Oleh karena itu, upaya peningkatan kualitas manajemen pengelolaan dan substansi artikel karya ilmiah sudah menjadi keharusan.

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru di era digital ini adalah menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasi secara online

Guru, khususnya guru pendidikan menengah dan pendidikan khusus, harus mampu menuliskan hasil penelitiannya menjadi sebuah artikel yang sesuai dengan kaidah ilmiah. 

Kenyataannya, kompetensi ini masih rendah, terlihat dari minimnya publikasi hasil penelitian dari Indonesia pada jurnal ilmiah yang terindeks internasional. 

Selain karena kemampuan guru dalam menulis artikel ilmiah yang masih rendah, pengelolaan jurnal ilmiah juga perlu mendapat perhatian serius. 

Ada 3 (tiga 0 permasalahan umum yang dihadapi para pengelola jurnal ilmiah, yaitu sebagai berikut:

  1. Ketersediaan naskah-naskah artikel bermutu, 

  2. Pengelolaan jurnal ilmiah yang tidak terstandar berdasarkan standar-standar tata kelola pada akreditasi dan pengindeks, dan 

  3. Jaminan keberlanjutan pengelolaan jurnal ilmiah. 

Jumlah naskah artikel bermutu sangat terbatas, karena para peneliti belum mempunyai komitmen yang kuat untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdiannya kepada masyarakat melalui terbitan berkala ilmiah. 

Motivasi melakukan penelitian belum diimbangi dengan tanggung jawab moral sebagai peneliti untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitiannya agar dapat digunakan masyarakat luas, baik untuk kepentingan praktis maupun pengembangan teoritis.

Pengelolaan jurnal ilmiah yang mumpuni mensyaratkan sistem manajemen jurnal yang efektif dan efisien. 

Sistem manajemen jurnal ini harus mengacu kepada instrumeninstrumen dan kriteria-kriteria yang dipersyaratkan oleh sistem akreditasi jurnal nasional (ARJUNA) dan lembaga-lembaga pengindeks internasional bereputasi lainnya. 

Apalagi saat ini pengelolaan jurnal-jurnal ilmiah harus dilakukan sepenuhnya secara daring. 

Keharusan mengunggah artikel jurnal ilmiah dalam jaringan sudah diatur dalam Surat Edaran Dirjen DIKTI No. 2050/E/T/2011 tentang Kebijakan Unggah Karya Ilmiah dan Jurnal. 

Saat ini, sistem akreditasi jurnal di ARJUNA hanya diimplementasikan pada jurnal ilmiah daring, agar mudah diakses oleh pembaca dari manapun. 

Disamping itu, platform digital memudahkan pengelola jurnal mengecek rujukan artikel, dan memeriksa terjadinya plagiasi. 

Buku Pedoman Umum Jurnal Guru Dikmen dan Diksus ini disusun dengan tujuan sebagai berikut:

  • Menjadi acuan dan membekali pengetahuan para pengelola jurnal, mitra bestari, penulis dan guru tentang penulisan artikel ilmiah dan manajemen jurnal.

  • Meningkatkan wawasan pengelola jurnal, mitra bestari, penulis dan guru dalam publikasi artikel ilmiah dan manajemen jurnal.

Adapun sasaran Buku Pedoman Umum Jurnal Guru Dikmen dan Diksus adalah untuk:

  • Pengelola Jurnal

  • Mitra Bestari

  • Penulis

  • Guru

Selanjutnya, ruang lingkup dari Buku Pedoman Umum Jurnal Guru Dikmen dan Diksus adalah seluruh kajian mengenai inovasi pembelajaran yang relevan dengan Implementasi Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Perencanaan Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran, Tindak lanjut Penilaian Pembelajaran, Asesmen Awal (Diagnostik), Pembelajaran Berdiversifikasi, Program Guru Penggerak, Program Sekolah Penggerak, Pendidikan Inklusif, Penguatan Pendidikan Karakter, Gerakan Literasi di Sekolah, Inovasi Pembelajaran, Manajerial dan Kepemimpinan Pembelajaran, Pengawasan, serta Transformasi Digital.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Buku Pedoman Umum Jurnal Guru Dikmen dan Diksus dapat di download pada tab unduhan di bawah ini:

 

Buku Pedoman Umum Jurnal Guru Dikmen dan Diksus

 

Buku Pedoman Umum Jurnal Guru Dikmen dan Diksus merupakan salah satu upaya meningkatkan mutu Jurnal Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus di lingkungan Direktorat Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus dan bentuk komitmen Direktorat Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus dalam mengakomodir kepentingan guru dalam hal penerbitan karya ilmiah guna menunjang kelancaran pengembangan karier dan kompetensi guru dan praktisi pendidikan lainnya.

Demikianlah informasi tentang Buku Pedoman Umum Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Post a Comment for "Buku Pedoman Umum Jurnal Guru Dikmen dan Diksus"