Widget HTML #1

Modul Literasi Numerasi untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar (SD)

Modul Literasi Numerasi

Tukang Ketik - Modul Literasi Numerasi untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar (SD) merupakan tema dari tulisan atau artikel kali ini.

File Modul Literasi Numerasi untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar (SD) dapat Anda unduh pada akhir postingan ini.

Berangkat dari sejumlah yang dilakukan oleh sejumlah lembaga nasional maupun internasional, indeks literasi numerasi peserta didik kita masih berada di peringkat yang rendah di dunia. 

Peringkat literasi yang masih rendah juga berimbas kepada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang menjadi tolak ukur kualitas sumberdaya manusia (SDM) di sebuuah negara. 

Ditilik dari skor IPM, Indonesia jug masih menempati level yang tidak menggembirakan terlebih jika dibandingkan dengan peringkat sejumlah negara jiran di kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Berangkat dari data dan fakta yang ada, penguatan kecakapan literasi dasar merupakan keniscayaan dan menjadi sesuatu yang tak dapat ditawar. 

Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum pada tahun 2015 menegaskan bahwa penguasan enam literasi dasar yaitu literasi baca tulis, numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya kewargaan menjadi salah satu kompetensi abad 21 yang diperlukan oleh semua warga dunia terutama peserta didik.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui Direktorat Sekolah Dasar berupaya untuk melakukan peningkatan kapasitas dan kompetensi warga sekolah dengan tujuan kecakapan literasi dasar warga sekolah terutama peserta didik akan meningkat. 

Terutama di masa pandemi Covid-19 dimana terjadi perubahan yang tak terelakan termasuk di dalam dunia pendidikan. 

Pandemi selain membawa perubahan yang sangat signifikan, juga membawa dampak positif dan negatif di semua ranah tak terkecuali ranah pendidikan.

Namun ini tentu tak menyurutkan semangat Direktorat Sekolah Dasar untuk melakukan upaya terbaik dalam rangka memberikan peningkatan pelayanan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. 

Salah satu upaya yang dilakukan adalah merancang dan mengembangkan program literasi dasar yaitu literasi baca tulis, numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya kewargaan bagi warga sekolah sebagai sasaran umum dan peserta didik sebagai sasaran khusus.

Adapun isi dalam Modul Literasi Numerasi untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar (SD) terdiri dari materi atau uraian sebagai berikut:

Pendahuluan

  1. Deskripsi Singkat

  2. Ruang Lingkup

  3. Petunjuk Modul

  4. Tujuan Modul

Materi Literasi Numerasi

  1. Pengertian Literasi Numerasi

  2. Tujuan dan Manfaat Literasi Numerasi

Strategi Pengembangan Literasi Numerasi

  1. Tingkat Kelas

  2. Tingkat Sekolah

Evaluasi dan Monitoring

Penutup

Rujukan

Lampiran

  • Penguatan literasi numerasi tingkat kelas

  • Penguatan literasi numerasi tingkat sekolah

    • Penyediaan sarana penunjang dan ruang khusus penguatan literasi numerasi

    • Penguatan Literasi Numerasi ke dalam Kegiatan Esktrakurikuler

  • Penguatan Literasi dalam Kegiatan Ekstrakurikuler

Akhir kata, semoga Modul Literasi Numerasi untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar (SD) ini dapat bermanfaat bagi satuan pendidikan khususnya pada jenjang Sekolah Dasar (SD).

Terima Kasih.

 

Post a Comment for "Modul Literasi Numerasi untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar (SD)"